Niat Doa Puasa Ramadhan Dan Artinya (Arab-Latin)

Alhamdulillah! Jika Anda sedang mencari niat doa puasa Ramadhan dan artinya, berarti kita sudah berada dalam waktu yang dekat dengan bulan suci penuh ampunan.

Dan jika belum hafal bacaan doa puasa Ramadhan, berikut ini adalah lafadz niat puasa Ramadhan Arab, Latin dan artinya lengkap.

Lafadz Niat Doa Puasa Ramadhan Dan Artinya

Lafadz niat puasa Ramadhan dalam madzhab Syafi’i adalah sebagai berikut ini:

A. Arab
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

B. Latin
Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Namun menurut Madzhab Hanbali (Hanabilah), siapa saja yang didalam hatinya sudah terbersit keinginan untuk berpuasa pada esok hari, maka itu sudah dianggap sebagai niat yang sah.

Niat puasa Ramadhan harus dilakukan pada malam harinya, yaitu malam sebelum masuk waktu shubuh dimana esok paginya akan berpuasa. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ

“Barangsiapa yang tidak membulatkan niatnya untuk berpuasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, Tidrmidzi dan Ahmad)

Nah itulah penjelasan tentang niat doa puasa Ramadhan dan artinya yang bisa diterapkan setiap harinya hingga satu bulan penuh. Setelah itu, Anda bisa mulai menghafalkan niat sahur dan buka puasa dibawah ini.

Niat Sahur Puasa Ramadhan

Untuk niat sahur ini tidaklah ada doa khusus, sehingga Anda dapat membaca doa sebelum makan.

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

Niat Buka Puasa Ramadhan

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Hadist Tentang Niat Puasa Ramadhan

Sebagai tambahan, berikut ini adalah Hadist mengenai cara berniat puasa Ramadhan.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu., Nabi SAW bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramad¬han dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Hadis Shahih, riwayat Bukhari: 36 dan Muslim: 1267. teks hadis riwayat al-Bukhari).

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

“Shalat lima waktu dan juma’t ke Jum’at berikutnya, Ramadlan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّ
َنَا أَجْزِى بِهِ

“Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim).

Itulah penjelasan niat puasa Ramadhan dan artinya yang bisa Anda hafalkan untuk menjalankan kewajiban sebagai umat muslim. Jika Anda sudah hafal, juga boleh diajarkan kepada siapapun yang bertanya.

Misalnya saja ada adik yang bertanya apa niat puasa Ramadan? Ataupun apa niat puasa beserta artinya? Maka jelaskan saja seperti penjelasan diatas agar ia paham juga.

Dan sebagai informasi juga, niat puasa Ramadhan ini adalah untuk tahun 2022, 2023 dan bahkan sampai kapanpun akan tetap sama. Jadi Anda cukup menghafalkan 1 kali dan bisa diucapkan untuk puasa ditahun berikutnya.

Nanti akan ada file berbentuk PDF tentang niat puasa Ramadhan dan artinya (arab-latin) yang bisa Anda unduh, supaya lebih mudah menyimpanya di Smartphone.

Tinggalkan komentar